Samsung Galaxy Note 10.1

Desain

Inilah generasi kedua Galaxy Note yang diluncurkan di Indonesia. Seri Galaxy Note dicirikan sebagai gadget berkualifikasi tablet dengan kelengkapan built in stylus pen. Galaxy Note 10.1 atau dalam kode produksinya disebut GT-N8000 merupakan tablet dengan dimensi 262 x 180 x 8,9 mm dan berat 600 gram. Bentuknya terbilang memikat, selain terbilang tipis, sentuhan material plastik dengan bahan glossy warna putih menjadikan sosok tablet ini begitu elegan dan eksklusif saat digenggam.

Tablet dengan rancangan uni body ini mengadopsi jenis layar PLS TFT Capacitive Touchscreen 16 juta warna. Resolusi layarnya 800×1280 pixels dengan ukuran 10.1 inchi. Soal tampilan layar, Galaxy Note 10.1 patut diacungi jempol, sangat bening dan responsif. Bahkan untuk ketajaman layar, kerapatan pixels Galaxy Note 10.1 mencapai 149 ppi, lebih tinggi ketimbang iPad 2 dengan 132 ppi.

Meski dapat dioperasikan secara apik dalam moda portrait dan landscape, tapi ‘resminya’ tablet ini tampil secara landscape, ini diperlihatkan dari poisisi logo Samsung. Pada bagian depan, tepatnya disisi kiri dan kanan layar terdapat speaker stereo. Sedangkan pada bagian atas layar terdapat lensa kamera, sensor cahaya, dan sensor proximity. Lalu pada bagian bawah layar ditempatkan port charger proprietary dan lubang kecil mikrofon.

Tumpuan tools pada Samsung Galaxy Note 10.1 justru terdapat pada sisi atas, disini berurutan terdapat tombol on/off -  pengunci layar, tombol volume yang juga berperan sebagai tombol zoom, port microSD, infrared port, audio port 3,5mm, dan slot SIM card.  Tak ketinggalan, posisi built in stylus pen ada pada sisi kiri bawah. Rancangan stylus pen cukup ergonomis, sehingga nyaman dalam penggunaan. Beranjak ke sisi belakang  (back cover), terdapat lensa kamera utama dan flash light.

Catatan: Layar Galaxy Note 10.1 dilengkapi dengan built in screen capture. Sedikit disayangkan tablet ini tidak menggunakan charger universal, melainkan jenis proprietary, serupa dengan charger pada tablet Galaxy Tab Plus.

Fitur

Galaxy Note 10.1 berjalan di platform Android 4.0.3 ICS (Ice Cream Sandwich), dan tablet ini punya banyak keunggulan yang bisa ditawarkan bagi Anda penikmat gadget canggih. Sebut saja kemampuan kamera, Galaxy Note 10.1 memiliki resolusi kamera utama 5 Mpix (2592х1944 pixels) dan kamersa sekuder untuk kebutuah video call dengan resolusi 1,9 Mpix. Kameranya pun sudah dibekali flash light. Bicara menu kamera, sudah tersaji auto focus, night mode, digital zoom, white balancing, contrast, brightness, efek, face detection, ISO, dan foto editor. Dalam uji coba kualitas kamera pun sangat apik, baik ketika ditampilkan pada layar maupun setelah ditransfer ke PC. Mau rekam video pun sudah punya kualitas HD (high definition) 720p dengan kecepatan 30 fps. Serunya lagi, sudah tersedia video editor.

Yang juga tampil memikat adalah Polaris Office, aplikasi kantoran ini tersaji berbeda. Di Galaxy Note 10.1, Anda tak hanya bisa membuka, mengedit, dan membuat dokumen baru. Disini Anda bisa mengolah dokumen begitu menarik, Anda bisa melakukan insert picture dan obyek lain pada dokumen, ukuran gambar pun bisa disesuaikan di dalam dokumen, mirip dengan olah dokumen di PC. Serasa memahami kebutuhan kerja, dokumen yang telah selesai dibuat/edit dapat langsung disimpan dalam format PDF, untuk kemudian di share.

Kemampuan koneksi juga tampil mumpuni, selain bekal standar seperti akses 3G/HSDPA/HSUPA dan WiFi. Galaxy Note 10.1 juga dibekali fitur infrared. Adanya infra red bukan sekedar pajangan semata, di tablet ini sudah tersaji aplikasi remote, dan bisa ditebak, tablet bisa difungsikan sebagai remote berbagai device, seperti TV dan pendingin ruangan. WiFi nya juga tampil canggih dengan mengadopsi standar lengkap, a/b/g/n dengan kemampuan WiFi direct dan WiFi tethering. Bahkan tablet Android ini juga sudah mengusung Bluetooth versi terbaru, yakni 4.0.

Dalam pengujian, kami juga cukup menikmati kemampuan pemutar musik dengan menu equalizer, shuffle, playlist, dan music library. Tapi yang harus diakui adalah kualitas dua speakernya, sangat jernih dan memuaskan dalam menjalankan pemutar musik default.

Catatan: Tombol pengatur volume dapat juga berperan sebagai tombol zoom kamera. Disayangkankan Galaxy Note 10.1 tidak dilengkapi FM radio.

Kinerja

Soal unjuk kinerja, Galaxy Note 10.1 kami anggap sangat mumpuni di kelasnya. Untuk dapur pacunya tablet ini menggunakan prosesor quad core 1.4 GHz dengan chipset Exynos 4412. Kualitas layarnya menggunakan teknologi GPU Mali-400MP yang terdepan. Adanya stylus pen sangat bermanfaat dalam beragam kebutuhan, Anda bisa mengaplikasikan fitur ini pada S Note dan Polaris Office. Dari pengujian, membuat gambar pun cukup mudah dengan stylus pen. Galaxy Note ini juga sudah dilengkapi Photoshop Touch, olah dan edit foto bisa jadi lebih atraktif untuk beragam kebutuhan.

Dengan ‘segudang’ fiturnya yang canggih, pantas bila tablet ini memiliki kapasitas baterai yang besar. Galaxy Note 10.1 dilengkapi baterai Lithium Ion 7000 mAh. Saat pengujian, tablet yang dapat digunakan untuk ber-SMS dan voice call ini bisa bersiaga selama 10 jam dengan koneksi WiFi yang aktif.

[sumber: selular.co.id] 

Be Sociable, Share!

Speak Your Mind